SEKAPUR SIRIH
Bekerja dari pagi sampai petang di kantor? Itu sudah kuno, karena sekarang banyak orang yang mengerjakan bisnis cukup dari rumah tanpa harus repot-repot menembus kemacetan lalu lintas ke kantor. Cukup dengan seperangkat komputer, secangkir kopi dan segudang keahlian, Anda bisa menjadi juragan tanpa kantor.
: : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : :

Penyakit Hilang Duitpun Datang

Diposkan oleh Agustaman | 15.21 | 2 komentar »

(Tulisan ini pernah saya tulis di majalah DUIT! edisi 10/Oktober 2008)

PUSAT KESEHATAN CERAGEM

Dengan sistem pemasarannya yang unik, Ceragem, perusahaan alat kesahatan asal Korea Selatan menawarkan peluang menjadi dealer yang membuka Ceragem Center. Perorangan juga bisa membuka Rumah Ceragem hanya dengan membeli minimal satu alat kesehatan Ceragem.

Matahari pagi baru saja menampakkan sinarnya. Tapi beberapa orang yang kebanyakan pria dan perempuan paro baya sudah mengantri dengan rapi di depan pintu gerbang rumah bernomor 10 di Jl. Kramat IV, Jakarta Pusat. Sekitar pukul 07.00 pagi antrian tersebut akan mengular panjang, bisa mencapai 100 meter. Dalam satu hari, tempat itu dikunjungi tak kurang dari 600 orang. Pemandangan seperti ini hampir setiap hari bisa ditemui di tempat itu dan beberapa Ceragem Center lainnya.

Mereka bukan antri sembako atau untuk mendapatkan BLT (bantuan langsung tunai). Mereka umumnya adalah orang-orang yang menderita berbagai penyakit, mulai dari alergi, asam urat, sampai gangguan reproduksi dan berbagai keluhan penyakit lainnya. Mereka berharap, lewat alat terapi kesehatan yang terdapat di tempat yang disebut sebagai Ceragem Center tersebut, penyakitnya berangsur hilang dan sembuh. Apalagi pengobatan yang mereka lakukan gratis alias tidak bayar.

Menggratiskan pemakaian alat kesehatan yang bernama Ceragem Compact CGM-P390 memang strategi unik yang dilakukan Ceragem di seluruh dunia, termasuk Indonesia. “Kami memang tidak memungut biaya buat yang datang ke sini. Kami ingin mereka yang datang merasakan manfaat yang besar dari alat kesehatan Ceragem. Mereka boleh datang setiap hari ke sini, kecuali Minggu, sampai sembuh,” papar Tara Wahyuni, Ceragem Salemba Center Manager kepada DUIT!

Imelda Sutrisna, Public Relation Team Head PT Inni Ceragem mengiyakan ucapan Tara. Katanya, Ceragem adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang memasarkan produk dengan cara unik. Uniknya, selain gratis memakai alat terapi kesehatan tadi juga pelayanannya yang ramah oleh para staf Ceragem Center di seluruh dunia. Sapaan akrab dan kekeluargaan dari para staf akan kita temui di setiap center. “Ceragem ingin semua orang mencoba alat kesehatan yang bisa menolong orang menyembuhkan semua penyakit ini. Kami memang ingin semua orang hidup sehat. Dan semua itu melalui proses. Bila kesadaran akan kesehatan itu sudah melekat di diri orang yang bersangkutan, suatu saat mereka akan membeli sendiri alat tersebut dan memakainya di rumah,” terang Imelda.

Sebagai informasi, Ceragem adalah perusahaan alat kesehatan keluarga terkemuka di dunia, yang berasal dari Korea Selatan sejak tahun 1998. Perusahaan yang semula bernama Industri Kesehatan Samsung ini mulai memasarkan produknya ke pasaran internasional yaitu Amerika Serikat pada bulan Oktober 1999. Hingga saat ini Ceragem telah hadir di 5 benua dan 6 daratan, lebih di 59 negara dan telah memiliki sekitar 2500 Center di dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, distributor tunggal alat ini dipegang oleh PT Inni Ceragem. Saat ini sudah ada 89 Ceragem Center yang tersebar di seluruh Indonesia dan Head Office yang berada di Jakarta dan 3 Regional Head Office di Surabaya, Medan dan Semarang. “Kami bertekad untuk membuka 150 center di tahun 2008 ini dan total 1.000 center yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, sehingga kami dapat mewujudkan tujuan kami untuk menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia,” sambung Imelda lagi.

Buka Center atau Rumah Ceragem?

Untuk pembukaan Ceragem Center, PT Inni Ceragem menawarkan peluang bagi para investor yang ingin merasakan kualitas alat kesehatan Ceragem Compact sekaligus merasakan manfaat bisnisnya. Syaratnya cukup mudah. Pertama, menyediakan tempat atau lokasi yang bakal dipakai sebagai center. Center bisa berupa bangunan rumah berukuran 300 m2 atau ruko minimal 2 lantai (ukuran 8 m x 16 m atau 5 m x 16 m). Lokasi harus strategis, artinya mudah dijangkau dari mana saja dan kalau bisa di dekat pemukiman padat penduduk.

Syarat kedua, menyiapkan sumber daya manusianya (SDM) yang nantinya akan di-training di kantor pusat selama 2 minggu sebulan sebelum hari pembukaan center. Untuk satu center, SDM yang dibutuhkan sekitar 10 orang dengan satu orang di dalamnya sebagai center manager.

Ketiga, menyiapkan investasi sekitar Rp300 juta sampai Rp500 juta. Uang segitu sudah termasuk sewa rumah, penyediaan semua keperluan center (furnitur, tempat tidur/bed, alat presentasi, dll) termasuk juga gaji karyawan (10 staf) untuk satu bulan pertama.

Bagaimana sebuah center bisa mendapatkan keuntungan kalau semua orang yang datang memakai alat kesehatan tersebut tidak membayar? “Kami memang tidak secara terang-terangan atau memaksa orang untuk membeli alat ini. Bila kesadaran mereka yang datang tumbuh bahwa menjaga kesehatan itu lebih penting ketimbang mengobati, lambat laun mereka akan berusaha membeli alat ini. Sudah banyak tamu center Salemba ini yang akhirnya membeli alat tersebut dan bahkan membuka Rumah Ceragem di tempat tinggalnya,” jawab Tara yang center-nya bisa menjual 135-an Ceragem Compact selama 11 bulan center itu beroperasi di Kramat IV.

Membuka Rumah Ceragem adalah peluang usaha lain yang juga bisa dilakukan Anda yang ingin sehat badan dan kantung. Syaratnya juga cukup mudah, cukup membeli minimal 1 alat Ceragem Compact, satu ruang kamar untuk menaruh satu bed..

Harga Ceragem Compact-nya sendiri dibanderol Rp10,5 juta/unit. Soal bed, Anda bisa membuatnya sendiri atau memesan lewat supplier Ceragem dengan harga berkisar Rp600 ribu-Rp900 ribu per unit. Anda juga bisa melengkapi Rumah Ceragem dengan tambahan alat lain semisal warm pad (matras kehangatan yang sejatinya bukan produk Ceragem). Harganya Rp2,480 juta/unit.

Oh ya, pemilik Rumah Ceragem boleh memungut tarif buat tamu yang ingin mencoba alat tersebut. Kantor pusat Ceragem memang tidak mematok tarif, karena tiap wilayah geografis bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya. Di Jakarta saja, tarifnya berkisar antara Rp4 ribu sampai Rp7 ribu (pakai warm pad). Tapi rata-rata memasang tarif Rp5 ribu untuk terapi selama 30 menit.

Menurut Imelda, saat ini sudah ratusan orang membuka Rumah Ceragem. Mereka sebelumnya adalah orang-orang yang sering mengunjungi center untuk menyembuhkan penyakitnya. Azril Idrus (61) dan Ha Kie Kwet (43) adalah contoh dua dari ratusan orang yang membuka Rumah Ceragem. Azril, warga Rawamangun yang membuka Rumah Ceragem di Jl. Kali Pasir, Jakarta saat ini hanya punya 1 alat dan dua bed. Pengunjunggnya pun belum banyak, sekitar 3-4 orang setiap hari.

Berbeda dengan Ha Kie Kwet alias Keket. Pria yang mengaku terkena diabetes ini membuka Rumah Ceragem di rumahnya kawasan Kramat Pulo, Jakarta. Di tempatnya kini dia punya 3 alat dan 6 bed. Tempatnya selalu ramai dikunjungi orang. “Pernah waktu Februari-Maret kemarin, saya kedatangan rata-rata 120 orang setiap hari,” aku Keket. Dengan tarif Rp5 ribu/orang, dalam sehari Keket bisa meraup Rp600 ribu. Nah, kalau dalam sebulan ada 26 hari, Keket bisa mengantungi omzet sebulan sekitar Rp156 juta. Itu berarti dia bisa cepat balik modal.

Bagaimana dengan Anda? $ AGUSTAMAN

2 komentar

  1. Bisnis Rumahan // 6 Februari 2009 14.48  

    Tes Pasilitas Komentar Bisrum ah!!!

  2. ARBIB ENIM // 28 Februari 2012 21.30  

    jual ceragem seken 8 jt hubungi 081380783912

Poskan Komentar