SEKAPUR SIRIH
Bekerja dari pagi sampai petang di kantor? Itu sudah kuno, karena sekarang banyak orang yang mengerjakan bisnis cukup dari rumah tanpa harus repot-repot menembus kemacetan lalu lintas ke kantor. Cukup dengan seperangkat komputer, secangkir kopi dan segudang keahlian, Anda bisa menjadi juragan tanpa kantor.
: : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : : BISNIS RUMAHAN : :

(Tulisan ini pernah saya tulis di majalah DUIT! edisi 6/I/Oktober 2006)

Mantan professional bank swasta ini membuka usaha tas, sepatu dan pola busana hand made di rumahnya. Pelanggannya banyak desainer ternama. Produknya tidak dibuat massal.

Naik ke lantai dua di rumah yang cukup besar itu, pemandangan bak di toko butik. Beberapa tas aneka bentuk digantung di beberapa tempat. Belum lagi hamparan sepatu aneka model terjejer rapi di lantai kayu. Di sudut lain, beberapa bahan yang sudah dipola dengan payet dan bordir disusun rapi di lemari tanpa kaca. Ada pula lemari yang khusus memajang aneka tas yang sejatinya tidak untuk dijual karena merupakan semacam lemari musium untuk menyimpan produk buatan si empunya rumah. Masih di lantai dua, tapi berada di pojok, sebuah ruangan dipakai untuk workshop, selain di garasi rumah yang lantai bawah.

Si empunya rumah, Otty A. Hendrato nampaknya tak hanya piawai menyulap lantai dua rumahnya mirip butik tapi menjadikan sebagai workshop pembuatan sepatu, tas dan bahan pola buatan tangan (hand made). Padahal, awalnya dia hanya mencoba menyalurkan hobinya membuat kerajinan tangan (tas) selepas mengundurkan diri sebagai department service assistant di Bank Duta tahun 2000 silam.

Berdua dengan temannya, Otty mulai menjalankan usahanya di rumah sejak 2001 silam dengan modal Rp7,5 juta. “Tapi sebelum serius membuka usaha ini, selepas bubarnya Bank Duta saya menyempatkan diri ikut kursus-kursus keterampilan, termasuk jahit. Tadinya minat di usaha butik atau usaha jahit pakaian, tapi kayaknya lebih susah dan ribet. Akhirnya saya ke tas saja karena sudah pengalaman bikin sendiri sejak muda dulu,” ungkap perempuan 47 tahun ini.

Dengan memakai bahan baku kain (terkadang kulit), Otty mempercantik tas buatannya dengan manik-manik atau payet. Hasilnya dia promosikan dengan cara tradisional: dibawa ke arisan, pesta atau pertemuan Dharma Wanita Pertamina. “Wah bagus lho tas buatan ibu Otty, mau dong saya pesan,” kata Otty menirukan ucapan ibu-ibu di pertemuan tersebut. Sejak itu, promosi berlanjut dari satu mulut ke mulut lain, sampai akhirnya ke desainer ternama. Si desainer memesan tas dan sepatu ke Otty yang khusus dibuat untuk melengkapi rancangan busananya. “Tapi maaf saya tak bisa memberikan nama-nama desainer karena ini komitmen kami,” tambah ibu dua anak ini.

Di tengah usahanya, partner-nya mengudnurkan diri dan kakak Otty yang mengambil program pensiun dini di sebuah perusahaan keuangan kemudian bergabung. Sang kakak kebagian tugas marketing, sementara Otty lebih fokus di bagian operasional. Karena bersaudara, mereka kemudian memberi nama produknya dengan nama Sis (sister) Art.

Seiring dengan banyaknya pesanan, tak hanya tas kain dan kulit yang dibuat, tapi juga sepatu (selop) perempuan dan pola bahan. Soal pola bahan ini, Otty membeli bahan kain, mulai dari tenun biasa sampai sutera yang diambil dari perajin Majalaya dan ada juga yang dibelinya di Pasar Mayestik, Jakarta, kemudian di sulam, dibordir atau diberi manik/payet sehingga membentuk pola menarik. Bahan pola yang dijual seharga Rp100 ribu-Rp900 ribu ini disiapkan untuk baju abaya dan kebaya encim.

Handmade dan Terbatas

Otty mengklaim, produk tas dan sepatu buatannya berbeda dengan produk serupa yang dijual di toko-toko secara massal. Selain memakai bahan baku lokal (dibeli di Jakarta, meski kulit atau kain buatan Korea atau Jepang), proses pembuatannya pun secara personal, sehingga tidak dibuat massal. “Satu model tas atau sepatu dibuat hanya sekali,” papar perempuan yang sudah memproduksi 700 item tas dan produk serta diberi penomoran (kecuali pesanan desainer) ini.

Alasan Otty membuat produk terbatas dan hand made sederhana. Selain ingin mengutamakan kepuasaan pelanggan, ongkos produksi hand made juga tidak terlalu mahal ketimbang produksi massal. Tak heran, Otty lebih banyak mengerjakan pesanan pelanggannya yang kerap datang ke rumah. Setiap produk seperti sepatu, rata-rata bisa dibuat 1-6 pasang sehari. Sedangkan tas, hanya bisa dibuat rata-rata dua tas per hari. Pembuatan semua produk dibantu oleh 2 tukang sepatu, 2 tukang jahit, 4 tukang payet, dan 2 tukang bordir. Kalau ada proyek cukup besar, Otty juga mendatangkan tukang ahli lepas lainnya.

Namun, Otty pun pernah menerima pesanan tas secara massal untuk anak sekolah sebanyak 200 pieces. Dia juga memproduksi tas tempat mukena (biasanya untuk yang beribadah haji), rata-rata per bulan bisa mencapai 50 buah. “Saya juga mulai memproduksi mukena yang kami lengkapi dengan payet, manik-manik atau bordir. Saat ini dekat Lebaran sudah banyak yang pesan. Harganya mulai dari Rp250 ribu sampai Rp1 juta,” kata istri Hendrato Tri, Manajer Layanan Teknis Pemasaran dan Pengembangan Pelumas Pertamina ini.

Untuk memasarkan produknya, Otty menggandeng mitranya yang ada di Surabaya (dengan Indonesia Designer), Makasar, dan Semarang. Mereka biasanya mengambil margin harga sampai 20% untuk satu tas dan sepatu. Otty juga rajin ikut pameran yang diadakan Santa Ursula dan yang diadakan Pertamina, tempat suaminya bekerja. Beberapa barangnya juga pernah dibawa luar negeri oleh teman-temannya yang berpameran di sana. Di luar itu, perempuan kelahiran Malang ini juga membuka outlet di ITC Kuningan, Jakarta. Sayangnya, pertengahan tahun ini sewa outlet itu sudah habis dan Otty enggan memperpanjangnya. Dia berniat pindah outlet ke dearah Kemang, Jakarta Selatan yang banyak dihuni para ekspartiat. Maklumlah, produk Otty, terutama bahan pola, banyak dicari para ekspatriat ini.

Bila pembeli ingin menggunakan merek sendiri, Otty menjualnya dengan sistem beli putus. Umumnya pembeli ini sudah punya toko atau butik. “Produk tas saya jual mulai dar Rp175 ribu sampai Rp750 ribu. Sepatu selop dan kulit mulai Rp175 ribu sampai Rp300 ribu. Bahan pola Rp100 ribu sampai Rp900 ribu plus selendang. Juga ada kebaya encim yang saya lepas mulai Rp300 ribu sampai Rp350 ribu per potong,” papar perempuan yang bisa mengantungi omset sekitar Rp150-200 juta/bulan ini. $ AGUSTAMAN

79 komentar

  1. andras aglaea // 20 Januari 2009 14.45  

    boleh nanya,.alamat tempat sepatu ini dimana ya? thx in advance

  2. daru_yamaru // 5 Maret 2009 10.48  

    Untuk kursus menjahit tas dimana ya?

  3. Shinta // 25 Maret 2009 15.01  

    Bu Otty,
    Buka kursus buat tas n sepatu tidak?
    Saya ingin belajar...
    Bu Otty alamatnya dimana ya?

  4. ratna // 10 Juli 2009 00.51  

    bu otty saya juga mau belajar bu, boleh tau alamat ibu dimana?

  5. quin's cantik // 17 November 2009 20.45  

    minta alamat dan gambar produknya? buka kursus ga?

  6. Shanty // 1 Desember 2009 18.56  

    Minta nomor telp dan alamatnya boleh? Sy tertarik utk pesan custom made shoes.

  7. dyte // 7 Desember 2009 17.12  

    boleh mnta almatnya??

  8. rena // 27 Januari 2010 11.53  

    saya kagum n appreciate sekali dgn ibu...
    ibu memberikan inspirasi buat saya
    sekarang outlet ibu ada dmn y..?
    and apa ibu juga buka kursus ato kalo boleh referensi tmpt kursus dmn y...
    krn saya tertarik sekali n pny keinginan besar utk belajar hand made apalagi sepatu...
    kalau berkenan tolong infokan ke email saya ze_angak01@yahoo.com
    thx

  9. jeni // 1 Februari 2010 11.24  

    Ibu bisa tahu no telp & alamatnya ? thanks

  10. Jeanny And Jojo // 30 November 2010 20.49  

    saya tertarik menjadi pembeli dengan merk sendiri, boleh minta alamat dan nomer contactnya ke: jeannyandjojo@gmail.com

  11. Leonita Nerisa // 26 Februari 2011 22.16  

    boleh saya minta alamat dan nomor yg bisa dihubungi?saya mau hand made sepatu untuk jualan saya.. tolong dibantu
    kirim ke : quinterrie@yahoo.com

    thx

  12. Anime Blog // 3 Mei 2011 14.39  

    siang bu otty, saya sia dan sangat tertarik dengan artikel bu otty... Saya juga berminat pada dunia sepatu, saya sangat ingin belajar membuat sepatu...
    Apakah sekiranya bu otty mau menerima pemula untuk dididik menjadi pengrajin sepatu di usaha ibu? saya sangat ingin belajar membuat sepatu, menerima petunjuk dan pengarahan dari ibu otty. saya akan berusaha dengan baik jika diperkenankan, terima kasih...

    jika bu otty berkenan, tolong email ke asiawirda@rocketmail.com atau clawreed93@gmail.com

    terima kasih...

  13. pdewi // 10 September 2011 09.01  

    Ibu Otty, saya minta alamat ibu dan nomor yang bisa dihubungi. Juga di mana saya bisa melihat ruang pamer Ibu. Terima kasih sebelumnya.

  14. maria // 15 September 2011 07.54  

    Ibu Otty, boleh minta alamatnya atau nomor hp yang bisa dihubungi, saya ingin mengikuti kursus membuat tas. terima kasih

  15. Just Read it // 22 September 2011 15.35  

    bu otty bisa minta alamat atau nomor yg bisa dihubungi? terima kasih sebelumnya

  16. pita // 23 September 2011 14.06  

    Bu otty saya tertarik dengan usaha tas dan sepatu,,bisa minta alamat dan no telp bu otty,,tolong email ke pita_sermo@yahoo.com...many thanks

  17. rieawin // 26 Oktober 2011 11.04  

    Ibu Otty,

    Saya tertarik dengan usaha sepatunya,bisa minta alamat & No telp nya...
    bisa di email ke riehadian@gmail.com
    Terima kasih

  18. aniepulagie // 6 Januari 2012 15.46  

    saya mau buat Tas bu Otty...syukur2 bisa sekalian belajar buat sendiri :-)

    bisa kirim ke de.anie@yahoo.com



    ANie

  19. adeline // 16 Januari 2012 11.13  

    saya berminat membuat backpack untuk anak-anak, bisa saya minta alamat jasa yang bisa didatangi, email, dan contact personnya?
    bisa dibalas ke jovita.adeline.92@gmail.com

  20. RayShoes // 2 April 2012 20.50  

    bu otty saya mau dong contact person ibu, mau ajak bisnis serius nih :) priskillaray@yahoo.com tx b4 :)

  21. Verve Premium Accesories // 8 Mei 2012 07.47  

    Bu otty boleh minta contact person nya. Sy mau pesan tas nya bgm.
    Atau tlg hub sy shr_ jeka@ yahoo.co.id
    Tq

  22. pidie_diaz // 22 Juni 2012 11.06  

    bu saya mau belajar bisa minta contact person bu?? kirim via email di fidriyanti@gmail.com ya bu

  23. Desire // 12 Juli 2012 09.59  

    bu Otty, boleh belajar ngga? tolong hubungi saya di anasidey@gmail.com ya... terima kasih.

  24. Hilda Prameswari // 9 September 2012 22.16  

    Ibu otty buka kursus apa tidak?
    Boleh saya minta info lengkapnya?
    Tolong diemail di dipra79@hotmail.com ya bu,,,terima kasih sebelumnya.

  25. ira puspita dewi dewi // 25 September 2012 09.27  

    Ibu otty buka kursus apa tidak?
    Boleh saya minta info lengkapnya?
    Tolong diemail di diungerie@yahoo.com ya bu,,,terima kasih sebelumnya.

  26. nana nounit // 13 Oktober 2012 21.06  

    Ibu Otty, Passion saya sama persis dengan anda!namun saya butuh belajar banyak dari Anda..klo boleh tau Alamatnya workshopnya dimana yah?Tolong Email saya di nananounina@yahoo.com...
    Saya benar-benar tertarik dan ingin belajar banyak kepada anda. Terima Kasih

  27. novi krisnawati // 29 November 2012 19.15  

    ibu Otty,bu boleh kan saya belajar dan kursus sama ibu ? saya sangat tertarik sekali, bolehkah saya minta alamat ibu dan no telpon ibu ? dan ini email saya bu. novitakrisnawati17@yahoo.com

  28. cocomeo // 23 Maret 2013 13.13  

    mba oty,saya bisa minta contact person atau alamat,tlp yg bisa di
    hubungi ?

  29. gadogado // 6 Mei 2013 12.48  

    Dear Bu Otty,
    saya berminat utk mengikuti kursus pembuatan tas kulit.
    Bagaimana sistem kursusnya dan berapa biaya kursusnya Bu ?
    Mohon diinfo .
    Thank you & Warm rgds,
    Fifi

  30. gadogado // 6 Mei 2013 12.50  

    Maaf Bu Otty, email saya Fifi : febdeux@gmail.com, mohon diinfo lebih lanjut.
    Tku...

  31. natasha rikimaru // 18 Mei 2013 23.28  

    maaf bu otty saya minta alamat ya tolong email ke saya alamat bu oty saya desto desto.arya@gmail.com...di tunggu respon ya....terima kasih

  32. Shou Collection // 22 Mei 2013 13.55  

    selamat siang bu....saya tertarik tuk buat sepatu tp dengan merek sendiri. mohon info lebih lanjut alamat dan no kontak ibu ke >>>> rubinrahardjo@ymail.com
    terima kasih.
    wasalam

  33. win nn // 11 Juli 2013 15.15  

    bisa mohon infonya, saya sangat tertarik & mengaharapkan sekali infonya. email saya win57nnnn@gmail.com. terimakasih

  34. Reegie Queen // 5 September 2013 12.42  

    Selamat siang bu, saya tertarik ingin membuat tas design saya sendiri. tolong email ke saya no telp dan alamat ibu f133a@yahoo.co.id

    Terimakasih

  35. refa // 25 November 2013 08.59  

    Salam kenal ibu Otty...Saya tertarik mengikuti kursus pembuatan tas. Mohon info tentang kursus dan biayanya, dikirimkan melalui email poe3_wicks@yahoo.co.id. Saya tunggu infonya.
    Terima kasih banyak..

  36. kursus menjahit // 14 Desember 2013 09.46  

    Kursus Yogyakarta
    Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya
    LPK NAVITA

    Tempat Pelatihan Orang Mandiri
    Pelatihan Jahit, Kaos, Bordir, Tas, Sulam Pita, Payet, Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca

    Mudah-Murah-Hemat-Terampil

    Kenapa memilih LPK Navita:
    Berpengalaman sejak 2003
    Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
    Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
    Magang
    GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
    Biaya Mulai 250rb/program
    Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
    Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
    Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

    Glagah Uh4/196
    Warungboto Umbulharjo yogyakarta
    PH.(0274)450326/714205

    buka cabang di sleman :
    Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
    Godean Sleman Yogyakarta
    HP. 085740028487
    pin bb : 75F08617

    Kursus Menjahit

  37. Sanggar Berani Usaha // 15 Januari 2014 07.28  

    Informasi Pelatihan Membuat Tas dan Sepatu bisa kunjungi http://kursus-pelatihan.blogspot.com

  38. Faramita Nourrizka // 17 Februari 2014 23.05  

    Bu Otty, saya lagi cari penjahit sepatu yang ingin saya ajak kerja sama.. dimana saya bisa hubungi ibu? tolong email saya di faramitaa@gmail.com terimakasih bu :)

  39. sepatu bordir // 23 Maret 2014 17.05  

    bagus bagus sangat menarik
    saya punya usaha online
    www.sepatubordirmuraah.blogspot.com
    kunjugi juga ya trimakasih

  40. Henny Brunner // 3 April 2014 21.59  

    Apa orang2 sukses seperti bu Otty ini mau berbagi ilmu ya?

  41. hjarmayana // 5 April 2014 11.36  

    Slmt siang bu otty saya hj armayana bisa ngga dijahitkan tas mukena yg bagus. Kalau bisa tolong alamat yaaa bu

  42. Adinda Sheila // 18 April 2014 23.43  

    Wahh inspiratif sekali pengalamannya Ibu Otty.
    Andai bisa bertemu langsung dan bisa belajar dari beliau, kebetulan kami juga membuka usaha tas & Sepatu kulit asli.
    Bisa ditengok di www.asrstuff.com

  43. zhante // 3 Mei 2015 08.19  

    Dicari maklon tas. Cmt ato konveksi jahit dompet juga tas yang berkualitas dan dipercaya untuk jangka lama. Mohon contact ke 081297777816 atau email ke zuz4n@yahoo.com. yg minat serius bisa lgsg hubungi scptnya. Trims

  44. Prince Hotma // 19 Mei 2015 10.46  

    Saya sedikit tertarik dengan usaha anda, bisa tolong dikirimkan alamat tempat usaha anda beserta nomor telepon ke email saya di :
    gultomprincehotma@yahoo.com / princehotma1@gmail.com.. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

  45. Karlina suri // 8 Juni 2015 17.02  

    halo bu otty, saya berminat utk membuat tas dengan design saya sendiri utk project kuliah. kalo boleh saya bisa minta nomor telp dan alamatnya? bisa kirim ke 082111853348 atau email ke suri.lina@yahoo.com

    termia kasih :)

  46. Ella Hidayat // 23 Juli 2015 00.23  

    Boleh minta alamat dan nomor kontaknya bu? Ke ellanor331@gmail.com , terimakasih

  47. Unknown // 22 September 2015 23.15  

    Bu Otty, boleh minta alamat dan kontaknya? Email saya betty.betbet@yahoo.com, makasi

  48. Darwin Kalman // 2 Oktober 2015 14.24  

    Ibu Otty,
    Saya sedang mencari jasa menjahit tas kulit. Jika Ibu bersedia, silahkan hubungi saya di darwin.kalman@gmail.com
    Terima kasih.

  49. Selens Seren // 3 November 2015 19.31  
  50. Jonas Adeleye // 12 Desember 2015 03.04  

    Hari yang baik,

    Apakah Anda dalam setiap jenis masalah pinjaman keuangan? atau Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk membersihkan debit Anda dan kembali ke bisnis Pada tingkat bunga dari 2%. Jika ya hubungi kami melalui email kami di bawah ini: exxonmobil191@outlook.com

    Jangan memberikan kami berikut rincian aplikasi pinjaman berikut:

    1) Nama Lengkap: ............
    2) Sex: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan Bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........

    Terima kasih.

  51. Unknown // 11 Januari 2016 13.45  

    bisa minta alamat dan no telp yg bisa dihubungi?? tolong ke mei_banawi@yahoo.com ya bu. saya bermintat untuk menjahitkan produk saya ke ibu. trima kasih

  52. Laura Jacobs // 3 April 2016 14.14  

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini via e-mail di: (saintloanss@gmail.com)

  53. Larry Fox // 1 Mei 2016 07.18  

    Apakah Anda mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank tidak berhasil? Sangat membutuhkan uang untuk keluar dari utang? Butuh uang untuk ekspansi atau pembentukan bisnis Anda sendiri? Mendapatkan pinjaman dari salah satu perusahaan pinjaman terkemuka di Inggris. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi via email: larryfox2016@gmail.com

  54. Widya Okta // 31 Mei 2016 10.46  

    Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  55. Daniel Arjan // 10 Juni 2016 12.41  

    Halo,
    Saya Juan Diego, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (diegosaintloans@outlook.com)

  56. Samboy67 // 15 Juni 2016 19.57  

    Perusahaan pinjaman fiktif, masa minta uang terlebih dulu mana ada pinjam uang harus ngeluarkan uang dulu.
    Penipuan itu mah,,, jgn percaya sob.. Alamatnya aja gk jelas kantornya dimana.

  57. Samboy67 // 15 Juni 2016 20.04  

    Hati-hati jgn termakan rayuan oleh orang-orang yg mengatas namakan pemberi pinjaman, klau memang Anda butuh pinjaman ya,, pinjam aja ke Bank yg jelas alamatnya gampang ko pinjam ke Bank juga.

  58. Jonas Adeleye // 16 Juni 2016 12.39  

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? Apakah perusahaan Anda, perusahaan atau industri memerlukan bantuan keuangan? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk memulai bisnis Anda? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk memperluas bisnis Anda? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang tertarik yang mencari pinjaman dengan itikad baik. Apakah Anda serius membutuhkan kontak pinjaman mendesak kami di Email: exxonmobil191@outlook.com

    RINCIAN PINJAMAN APLIKASI
    1) Nama Lengkap: ............
    2) Sex: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan Bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........


    Anda mengirimkan ini ke perusahaan kami Alamat Email: exxonmobil191@outlook.com

    Terima kasih

  59. FRED LARRY LOAN COMPANY // 3 Juli 2016 20.41  

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT ??

    Halo,
    Nama saya Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada swasta dan
    individu perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak oleh
    begitu banyak bank? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk membangun Anda
    bisnis? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk ekspansi Anda
    bisnis? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? pinjaman saya
    berkisar. dari pribadi untuk pinjaman bisnis. minat saya
    Tingkat sangat terjangkau. 3%, dan paling 50.000,00 € maksimal € 500,000,000,000.00 €, proses kredit kami sangat cepat
    demikian juga. Saya sangat bersedia untuk membuat semua keuangan Anda
    mengacaukan sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap untuk
    mendapatkan masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari tidak ada
    lebih lanjut dan mengajukan pinjaman hari ini Email melalui:
    (Fredlarryloanfirm@gmail.com). Saya berharap dalam melakukan
    bisnis dengan Anda.

    Mr Fred larry
    CEO.

  60. Bishop T.D Jakes // 5 Juli 2016 20.44  

    Halo,
    Saya Bishop T.D Jakes, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (bishopjakesloancompany@gmail.com)

  61. widaya // 10 Juli 2016 08.42  

    Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

  62. Lady Mia // 13 Juli 2016 20.22  

    KABAR BAIK!!!

    Nama saya Chiu. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

  63. FRED LARRY LOAN COMPANY // 15 Juli 2016 21.00  

    ANDA MEMBUTUHKAN pinjaman ??

    halo,

    Nama saya Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada swasta dan
    orang-orang perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak
    begitu banyak bank? Anda perlu menyiapkan uang Anda
    bisnis? Apakah Anda perlu uang untuk ekspansi Anda
    bisnis? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? pinjaman saya
    line. dari pribadi untuk pinjaman bisnis. minat saya
    biaya sangat terjangkau. 3%, dan variabel 50.000,00 € setidaknya € 500,000,000,000.00 €, proses kredit kami lebih cepat
    juga. Saya sangat siap untuk meniup uang Anda
    mengacaukan sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap
    mendapatkan masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari
    lanjut meminta pinjaman hari ini Email melalui:
    (Fredlarryloanfirm@gmail.com). Saya berharap untuk
    bisnis dengan Anda.

    Mr Fred Larry
    Presiden.

  64. FRED LARRY LOAN COMPANY // 15 Juli 2016 21.02  

    ANDA MEMBUTUHKAN pinjaman ??

    halo,

    Nama saya Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada swasta dan
    orang-orang perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak
    begitu banyak bank? Anda perlu menyiapkan uang Anda
    bisnis? Apakah Anda perlu uang untuk ekspansi Anda
    bisnis? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? pinjaman saya
    line. dari pribadi untuk pinjaman bisnis. minat saya
    biaya sangat terjangkau. 3%, dan variabel 50.000,00 € setidaknya € 500,000,000,000.00 €, proses kredit kami lebih cepat
    juga. Saya sangat siap untuk meniup uang Anda
    mengacaukan sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap
    mendapatkan masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari
    lanjut meminta pinjaman hari ini Email melalui:
    (Fredlarryloanfirm@gmail.com). Saya berharap untuk
    bisnis dengan Anda.

    Mr Fred Larry
    Presiden.

  65. Jelli Mira // 16 Juli 2016 15.17  

    Kabar baik, kabar baik
    Hey hati-hati di sini !!!
    Nama saya Jelli Mira warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberikan pinjaman, saya kehilangan saya uang keras peroleh. Suatu hari, saat browsing melalui internet tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama Widya Okta, yang juga scammed oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tapi akhirnya mendapat terkait dengan perusahaan pinjaman legit bernama SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM di mana ia akhirnya mendapat pinjaman nya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian mengatakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya memberi saya pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Aku mengisi formulir aplikasi kredit dan melanjutkan dengan segala sesuatu yang diminta dari saya dan kepada Allah kemuliaan saya mendapat pinjaman dari Rp450,000,000 dari perusahaan ini besar (sandraovialoanfirm@gmail.com), Dikelola oleh Ibu Sandra Ovia, dan di sini saya sangat senang karena SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM telah mengubah hidup saya jadi saya membuat janji kepada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SANDRA OVIA dan mengikuti aturan dan peraturan, karena saya meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (jellimira750@gmail.com).

  66. Juan Carlos // 23 Juli 2016 13.44  

    Halo semua,

    Saya Mrs Susan menderita kelaparan, saya menulis surat ini dari kesaksian karena saya sangat berterima kasih atas apa yang Mrs Clara Morgan lakukan untuk saya dan keluarga saya, ketika saya pikir tidak ada harapan lagi dia datang dan membuat keluarga saya merasa hidup kembali dengan memimpin kami pinjaman bunga rendah dari 3% saya tidak pernah berpikir bahwa masih ada pemberi pinjaman asli di Internet tapi saya sangat mengejutkan saya mendapat pinjaman saya tanpa membuang banyak waktu, jadi jika Anda di luar sana mencari pinjaman untuk alasan keuangan di semua maka saya akan saran Anda untuk email Mrs Clara Morgan di VIA: {clara_morgan@outlook.com} untuk Info lebih tENTANG TRANSAKSI

    SAYA BERHARAP YANG TERBAIK UNTUKMU

    Salam Hormat
    Ibu Susan menderita kelaparan

  67. Dr Purva Pius // 25 Juli 2016 15.43  

    Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

  68. nelly // 27 Juli 2016 05.25  

    Halo, saya Mrs Nelly mulia, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang menawarkan pinjaman pada tingkat bunga hanya 2%. kami menawarkan, pinjaman pribadi, kredit mobil, modal usaha, pinjaman pribadi dll untuk individu dan perusahaan yang dalam kesulitan keuangan di bawah persyaratan pinjaman yang jelas dan dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui email sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi: (nellyperious@gmail.com)

  69. Indriaty Manirjo // 2 Agustus 2016 16.55  

    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  70. Baillie Gifford& Co. // 7 Agustus 2016 01.56  

    Kami di sini untuk memberitahu Anda di besar jasa keuangan kami yang diakui secara global dan asuransi modal. Kami membawa layanan pinjaman ke pintu Anda, dengan manfaat asuransi 100% dan pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% Layanan kami dibuka untuk pelanggan dari seluruh dunia. Untuk memenuhi syarat untuk kontak pinjaman kami kami melalui e-mail di trust.quiries@yahoo.com untuk informasi lebih lanjut.

  71. Bishop T.D Jakes // 24 Agustus 2016 05.40  

    Halo,
    Saya Bishop T.D Jakes, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda dalam setiap jenis kesulitan keuangan? Kebutuhan pinjaman untuk konsolidasi utang, konstruksi, pinjaman real estate, pembiayaan kembali, pribadi, tujuan bisnis atau uang darurat? Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita yang berpikir untuk memperluas bisnis Anda menawarkan pinjaman dari semua jenis. jika tertarik hubungi kami hari ini melalui (bishopjakesloancompany@gmail.com)

  72. Glory Chilly // 25 Agustus 2016 22.07  

    Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

  73. Indriaty Manirjo // 26 Agustus 2016 12.51  

    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  74. anita okpu // 14 September 2016 05.49  

    Kami adalah sebuah organisasi hukum yang diciptakan untuk membantu Orang-orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan di kekacauan keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda itu sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar Tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam Kesulitan lebih dari bank lokal, hubungi kami hari ini

    E-mail: glantpaydayloanfirm@gmail.com


    Aplikasi pinjaman berupa:


    Nama: _________
    Alamat: _________
    Negara: _________
    Pekerjaan: _________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: __________
    Tujuan: _________
    pinjaman duration__________
    Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail

    E-mail kami: glantpaydayloanfirm@gmail.com

  75. Sule Man // 19 September 2016 04.53  

    Selamat siang,

    Kami adalah sah dan uang Lender Reputable. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, kami memberikan pinjaman kepada orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di business.Have Anda telah mencari pinjaman? Anda memiliki tidak perlu khawatir, karena Anda berada di tempat yang tepat saya menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman saya ingin Anda untuk hanya menghubungi saya melalui email Alamat ini: mobilfunding1999@gmail.com

    PINJAMAN APLIKASI INFORMASI YANG DIPERLUKAN DARI ANDA.

    1) Nama Lengkap: ............
    2) Sex: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan Bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........

    Terima kasih atas kerja sama Anda

    Salam Hormat

  76. Sulis Susanti // 21 September 2016 11.31  

    Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

  77. Lady Mia // 24 September 2016 11.22  

    KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

  78. Isabel Johnson // 24 September 2016 12.21  

    Ibu Isabel Johnson,
    Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
    Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima terpercaya seperti yang saya akan senang untuk menawarkan pinjaman dari $ 10,000.00
    usd ke $ 50.000.000,00 pada tingkat bunga 2% untuk individu yang handal. Anda dapat menghubungi saya melalui E-mail:
    isabelloancompany@gmail.com

    Layanan yang disediakan meliputi:

    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Kredit Mobil
    * Hutang Konsolidasi Pinjaman
    * Line of Credit
    * Kedua Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman International.

    Silakan menulis kembali jika Anda tertarik.
    Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan pinjaman untuk mengisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Dijamin!)
      Saya harap Anda mengizinkan saya untuk menjadi layanan kepada Anda.
    Anda dapat menghubungi saya melalui E-mail:
    isabelloancompany@gmail.com
    Salam
    Ibu Isabel.

  79. Juliet Owen // 29 September 2016 11.38  

    Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

Poskan Komentar